Rosario Selamatkan Opung dari Orang Asing

Ernes Reinata Rumapea

Aku anak dari Mangabdin Rumapea dan Romian Nainggolan (Nengolan). Di kampung ku dipangil A’ak sedangkan ku disapa Neng. Bagiku mereka adalah pasangan terbaik mengalahkan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo. Dalam segi apa pun mereka yang terbaik, apalagi dalam debat. Tak ada yang bisa mengalahkan mereka.

Dok Wikihow

Begitu juga waktu mengajak membereskan lemari besar di . Sebenarnya aku kesal karena lemari itu berat dan penuh, membereskanya hanya menguras tenaga. Tapi tenagaku akan lebih terkuras bila berdebat dengan karena skill-nya menjadi juru argumen masih di atasku. Satu kali sapuan semua baju aku turunkan, gerakan selanjutnya kecoak berlarian. Dan gerakan ke-3, mataku tertarik pada album yang belum pernah aku lihat sebelumnya.

Oops.. ada surat terjatuh saat aku mengambil album itu dari lemari. Apa ini?

Halaman pertama nampak foto sepasang kekasih, Nee (iya) tampaknya foto , pahlawan yang tidak sempat aku kenali. Kata usia sekarang seharusnya sudah 80 tahun. Lalu aku tanyakan apa pernah cerita tentang penjajahan. Mamak lalu bercerita bahwa dulu sempat didatangi segerombol orang yang ditugaskan untuk memeriksa seluruh di kampung.

Opung adalah orang yang taat. Dia punya kebiasaan menaruh kalung di dekat tangga dan di kolong. Saat gerombolan orang itu masuk ke , mereka melihat itu lalu salah satu orang asing itu mengambil lalu minta pada agar dipakainya. Saat keluar dari , orang asing itu mengatakan tidak ada apa-apa di kami pada kawan-kawanya. Malam itu diselamatkan , seperti itulah cerita yang dikisahkan setelah kami membereskan lemari.

Sedangkan kertas yang jatuh itu ternyata adalah penghargaan anggota PBB ke saat SMA. Bapak cerita kalau punya sertifikat seperti itu kita bakal sangat mudah masuk kepolisian. Tapi karena dulu ekonomi tidak mendukung untuk mendaftar ke sekolah polisi, tinggalkan niat itu.

Hari itu selesai sudah aku membereskan lemari dan mendapat masa lalu yang unik. Sangat menyenangkan bisa mengetahui masa lalu dengan lengkap. Sebab ada orang yang tidak mau memikirkan masa lalunya. Buatku itu salah karena tidak akan pernah ada masa depan tanpa masa masa lalu. Ya sudah minum dulu, capek.



Genre: Nonfiksi

Tema: memori