Tari Jaranan di Desa Kami

Yasmin

Dok.flickr.com
Dok.flickr.com

Hai sahabat Nyalanya. Lewat tulisan ini aku ingin bercerita tentang kegiatan Hari Pahlawan di desa kami. Teman-teman sudah tahu Tari Jaranan? Tarian itu sangat populer di kalangan masyarakat Jawa. Jaranan adalah an tradisional yang dimainkan dengan menaiki kuda tiruan yang terbuat dari anyaman bambu. Kesan magis sekaligus spiritual dalam an ini cukup kental.

Tarian ini tidak hanya hidup di tanah Jawa saja. Beberapa daerah Bengkulu pun ada, salah satunya di tempat tinggalku Dusun Karya Desa Air Muring Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara.

Desa kami memperingati Hari Pahlawan kemarin dengan banyak perlombaan. Tari Jaranan salah satunya. Perlombaan dimulai satu hari sebelum Hari Pahlawan. Peserta berasal dari berbagai desa di kecamatan Putri Hijau.

Aku menonton perlombaan itu bersama keluarga. Saat peserta pertama sedang menampilkan aksinya, aku melihat wajah yang aku kenal di antara para penari berias tebal yang sedang menunggu giliran tampil. Dia adalah Pak Muis yang tak lain adalah Guru SD Tenera.

Tiba di puncak acara yaitu pengumuman pemenang Tari Jaranan. Semua orang sudah tidak sabar ingin tahu siapa pemenangnya. Peserta nomor urut 05 dengan aksi barongan diiringi penari kecil yang menaiki kuda menjadi juara. Penampilaan mereka memukau para juri dan warga.

Ternyata mereka kelompoknya Pak Muis. Selamat ya Pak Muis dan kawan-kawan yang telah memenangkan perlombaan se-Kecamatan. Sepertinya kalau ditampilkan di acara ulang tahun Agricinal bisa membuat acara tambah meriah ya hehe

Yasmin
Guru Paud Tenera



Genre:

Tema: