PLS SD Tenera yang Ceria

Ekawati Siregar

Gambar: Nayla

Sebelum mulai kegiatan belajar untuk murid baru, SD Tenera selalu mengadakan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Di tahun ajaran baru 2023 ini PLS diramu dengan ceria 8 Agustus kemarin.

26 anak berkumpul di  aula SD Tenera. Wajah mereka tambah cerah ketika mendengar sambutan kepala sekolah. Tidak ada yang menangis atau merengek saat para guru minta para orangtua mempercayakan anak mereka bersama  guru untuk melatih kemandirian selama PLS.

Para murid dikenalkan ke seluruh guru SD Tenera. Ada beberapa anak yang sudah kenal lantaran tinggal satu atap.  Setelah itu mereka dibagi ke lima kelompok. Tiap kelompok diberi nama hewan yang hidup di lingkungan perkebunan; sapi, kambing, ayam, kucing, dan tikus.

“Sapi,” panggil kepala sekolah.

“Mooh,” jawab anak-anak penuh semangat

“Kambing kejepit.“

“Mbeeek,” Jawab anak-anak dengan suara pelan dan ekspresi kesakitan. Semua peserta tertawa karena mereka bisa menirukan dengan presisi suara kambing lemas.

Para murid baru masuk kelas bersama Bu Sarim guru kelas satu. Orangnya enerjik, tegas, disiplin, dan jago mendongeng. Bu Sari minta anak-anak mengenalkan diri satu persatu di depan kelas lalu dia mendongeng. Anak-anak terhipnotis dengan suara Bu Sari yang mampu menghidupkan cerita dan tiap tokoh.

Setelah itu anak-anak diajak keliling lingkungan sekolah oleh Bu Eka. Mereka berjalan sambil menyanyikan lagu “Naik Kereta Api” dengan riang gembira.  Usai diperkenalkan dengan setiap bangunan yang ada, para murid baru diajak bermain Pak Anggi dan Bu Syariah. Kebahagiaan memuncak ketika semua kelompok mendapat hadiah kecil dari Tenera.



Genre: Nonfiksi

Tema: Sekolah