Berkah Menjadi Tenera

Mulyanto

Gambar oleh Enggriany Yunita

Aku sudah terbiasa hidup di lingkungan alam dengan limpahan flora dan fauna. Ketika pertama kali memijakkan kakiku di kawasan PT. Agricinal yang dikelilingi banyak tumbuhan dan fauna, aku tidak kaget dan pasti sukses di sana.

1 Juli 2006, aku mulai bekerja dan tinggal di Agricinal. Aku mengajar di Sekolah Tenera. Betapa takjubnya aku melihat keberagaman hayati di sana. Semua serba ada. Ikan melimpah di sungai, tumbuh-tumbuhan yang tumbuh subur, jamur jakos yang sedap untuk dijadikan lauk, pakis yang melimpah ruah, dan masih banyak lagi.

Keragaman itu membuatku bisa berhemat. Aku bisa menabung sedikit demi sedikit. Buah dari semua itu kini aku punya rumah yang berdiri di atas tanah milik sendiri.

Berkah lainnya yang aku dapatkan di Tenera adalah pernah menjadi kepala sekolah. Bertemu pengurus yayasan dan guru-guru hebat yang tak berhenti belajar. Aku bisa membuka pelajaran tambahan bahasa Inggris dari rumah ke rumah.

Aku juga mengadakan kerjasama try out di SD, SMP, dan SMA. Aku juga pernah diundang ke sekolah lain sebagai motivator. Semua itu menjadikanku berkembang hingga sekarang. Aku bangga menjadi bagian dari Sekolah Tenera. Kini aku tinggal menunggu waktu pensiun. Semoga Sekolah Tenera tetap jaya.



Genre: Nonfiksi

Tema: Sekolah