13 Orang Satu Mobil, Panas!

Unistri

Dok.Wikihow

Anak kedua sangat senang saat kami pulang ke Bengkulu karena bisa bertemu dengan banyak sepupu.  Biasanya aku dan adik-adiku memang berkumpul di rumah orangtua setiap liburan walau ayah tidak tinggal di sana. Maklum, ayah menikah lagi setelah beberapa tahun ibu meninggal.

Dia memilih tinggal di rumah kontrakannya. Kata ayah biar ramai sekaligus memudahkan mengontrol kontrakan. Alhasil rumah kami itu dibersihkanya lebih dulu bila saya dan adik-adik ingin kumpul. Dia sudah pergi sebelum kami datang.

Belasan anggota keluarga menginap di rumah itu, termasuk saya dan anak-anak. Suatu hari kami pingin jalan–jalan tetapi mobil hanya ada satu. Sebenarnya ada satu lagi punya adik, tetapi mobilnya masih perawatan di bengkel. Naik motor bukan rencana yang bagus karena cuaca tidak mendukung.

Kami tetap pergi dengan satu mobil, jumlahnya 13 orang bersama sopir. Kami tidak menyisakan satu ruang pun dalam mobil. Bau tubuh kami bercampur di bawah pengap dan panas. Hanya gerimis yang bisa mendinginkan tubuh kami di dalam mobil sepanjang perjalanan itu. Tidak apa-apa, yang penting bahagia meski panas sempat menyiksa.



Genre: Nonfiksi

Tema: Keluarga