Kekuatan Super Mengubah Hati dan Sifat Orang

Marcela Cheng/theconversation.com

Minggu lalu aku berkendara sendirian di jalan yang cukup sepi. Cuaca sedikit mendung sehingga menambah kelam sore. Aku sedikit takut, perasaan was-was muncul. Kupacu motorku serupa kuda biar segera sampai di tempat kerjaku.

“SSSSTTTT,” dengan cepat kutarik rem motorku karena mendadak ada orang pejalan yang menyeberang. Untung tidak terjadi tabrakan. Jantungku berdetak tak karuan, segera kutegur ibu yang menyebrang sembarangan ini dengan emosi meninggi.

“Bu, nyebrang kok ga liat-liat sih, kalo ketabrak gimana? Untung aja ga ketabrak!”
“Maaf Nak, ibu ga liat tadi,” balasnya lembut.

Mendengar intonasinya plus wajahnya yang lesu dan pucat, rasa bersalahku muncul.

“Maaf ya bu… mungkin tadi saya yang tidak fokus. Ibu mau kemana ? sudah magrib kok masih diluar rumah?” tanyaku.

Ibu itu mau pulang ke rumahnya yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari tempat kami bertemu. Aku pun mengantar ibu itu pulang. Di perjalanan ibu ini banyak sekali bercerita. Sebelum nyaris tertabrak motorku, ibu ini habis lembur di kebun. Ternyata ibu itu pensiunan guru. Dia janda, hidup bersama dengan cucunya yang masih duduk di Sekolah Menengah Pertama ( SMP). Ibu ini harus bekerja karena uang pensiun tidak cukup untuk biaya sekolah cucu dan kehidupan sehari-hari sedangkan anak-anaknya tidak tahu ke mana.

Hatiku terenyuh, ternyata di luar televisi masih ada anak yang tidak peduli dengan orang tuanya. Mereka malah meninggalkan beban untuk orang tuanya dengan mengurus anaknya.

“Terima kasih ya nak, ayo mampir dulu “ ajak ibu itu setelah sampai di rumahnya. Ajakannya aku tolak karena perjalananku masih lumayan jauh.

Dari ibu itu aku banyak sekali belajar tentang pentingnya peduli sesama, entah muncul dari rasa iba, kasihan atau memang malaikat baik sedang bersamaku. Andaikan punya kekuatan super aku ingin sekali mengubah hati dan perasaan seseorang agar saling menyayangi dan peduli. Ku ubah pencuri dan koruptor menjadi orang yang suka berbagi. Akan aku ubah para penindas dan penganiaya menjadi sosok penuh cinta lagi penyayang. Semua sifat jahat ingin kuubah menjadi baik.

Arti Asmarani
Guru PAUD Tenera



Genre:

Tema: