Kehidupan Sebenarnya Ada di Luar Ponsel

Raseb Prayoga

Buat saya pengalaman menakjubkan itu akan datang saat kita keluar kamar melihat dunia lalu bertemu tempat dan orang-orang baru. Percaya atau tidak kehidupan yang sebenarnya ada di luar sana, bukan di kamar atau dalam layar ponselmu.

Istimewa

Keyakinan itu membawa saya dan teman-teman traveling saat libur sekolah kemarin. Kami mendatangi beberapa tempat di Bengkulu Utara. Tempat pertama yang kami datangi adalah Air Kuro di Kecamatan Ulok Kupai. Kami menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor karena jaraknya sangat jauh dan harus menyeberang sungai.

Untuk menyeberang sungai kami naik perahu keretek yang disewakan penduduk sekitar karena arusnya deras. Biayanya tidak terlalu mahal, hanya Rp10 ribu sekali tarik. Saat sampai di tepi sungai kami melanjutkan perjalanan ke air terjun yang banyak tingkatannya. Apalah namanya lupa, tidak usah diceritakan lah ya karena sama saja dengan air terjun lainnya.

Yang paling mengesankan adalah kami mengunjungi Rumah Sekolah di sana. Sekolah ini sangat terpencil, jauh dari hiruk pikuk keramaian. Tenaga pendidiknya hanya dua orang dan mengajar enam kelas. Sekolah ini pernah masuk televisi sebagai sekolah tertinggal tapi sejauh ini bantuan pemerintah daerah atau pusat masih tertinggal. Sebagai tenaga pendidik saya sangat sedih melihat kondisi tersebut, tapi di sisi lain saya tidak bisa melakukan apa-apa selain berdoa.

Jelang petang kami bergegas pulang. Sepanjang perjalanan kami melihat pemandangan yang indah. Hamparan pepohonan menghijau yang mesra dengan sebagian lahan pohon jeruk, lalu puncaknya matahari terbenam dari atas perahu ketek. Pengalaman itu tak akan menakjubkan bila dilihat dari ponsel saja.



Genre: Nonfiksi

Tema: memori