Berburu di Danau Toba

Desa itu dipenuhi pemandangan yang sangat menakjubkan. Simatupang namanya, berada di lereng gunung tepian Danau Toba, desa yang kutinggalkan 18 tahun lalu untuk mencari ilmu di Bengkulu. Desa yang selaku aku rindukan keindahan paronamanya. Jika Kamu ingin pergi ke sana, kamu bisa lewat jalan lintas Sumatera, masuk dari Simpang SIlangit ke Kecamatan Muara, kamu akan menemukan desaku.

Sepanjang jalan kamu akan disuguhi keindahan keindahan Danau Toba dan sawah para petani yang tiada duanya. Keindahan itu yang membuat desaku menjadi tujuan pariwisata dunia karena hanya daerah kami yang berada di tepian Danau Toba yang masuk Kabupaten Tapanuli Utara.

Danau Toba: Dok.Istimewa

Masyarakat di desaku sangat menjunjung tinggi adat istiadat. Sampai sekarang pun masyarakat desa masih melestarikannya yang pada akhirnya menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang datang. Kebiasaan masyarakat zaman dulu juga masih bisa ditemukan. Misalnya saja permainan Margala 25, yang sangat terkenal di kalangan anak kecil.

Aku jadi ingat masa kecil dulu saat bermain Margala 25. Setiap sore aku dan teman-temanku mandi di Danau Toba karena rumah kami berada di tepiannya. Menurut kami mandi di kamar mandi itu janggal. Tidak bisa berenang pula di baknya. Beda saat mandi di Danau yang bisa berenang dan menyelam sepuasnya. Kami bisa juga berjemur sambil menikmati pemandangan yang indahnya tiada banding.

Anak-anak kecil di tepian danau suka sekali bermain Margala 25. Dalam permainan ini kami akan membentuk lingkaran sambil mengapung dalam air lalu menghitung bergiliran dari 1 sampai 25. Siapa pun yang kena angka 25, dialah yang menjadi pemburu atau mencari teman-temannya yang lebih dulu bersembunyi dalam air atau berenang jauh-jauh. Saat si Pemburu ini menangkap salah satu teman atau istilahnya buruan, mereka akan bekerjasama memburu teman yang belum tertangkap.

Biasanya yang paling lama tertangkap adalah orang yang memiliki kekuatan berenang dan menyelam paling baik, karena makin jauh dia berenang atau makin dalam menyelam Si Pemburu akan susah menangkapnya. Permainan yang selalu aku ingat setiap waktu.

Donda Togatorop

Guru SMP Tenera



Genre:

Tema: