Jawaban untuk Ribka: Kenapa Harus Belajar Matematika?

Dok.Alo Dokter

Halo Ribka, saya baca tulisan kamu berjudul “Buat Apa Belajar Matematika dan Anak-Anaknya Itu?” di Nyalanya setelah disebarkan Tukang Kebun. Nah Tukang Kebun ini teman saya saat SMA di Banjarbaru. Tulisan kamu sangat bagus dan nyaman dibaca.

Saya jadi iri sama Tenera punya murid yang mau mempertanyakan tentang pelajaran di sekolah, terutama . Andai di sekolah saya punya murid seperti Ribka, wah pasti bangga sekali karena ada murid yang berpikir kritis.

Saya sebenarnya bukan guru , hanya guru sejarah. Saat sekolah saya juga tidak senang dengan Matematika tapi tetap berusaha belajar. Beda sama Tukang Kebun yang saat pelajaran gelisah bukan main, sampai pura-pura sakit lalu bolos ke kantin. Eh pas ada razia kantin dia sembunyi dalam kulkas rusak hahaha. Baiklah cukup soal latar belakang teman saya itu, nanti dia malu dan tulisan saya ini malah tidak naik hi..hi..hi..

Ribka, fungsi di kehidupan sehari-hari itu sangat banyak. Memang sih sebagian besar kita akan dihadapkan pada perhitungan tambah kurang bagi kali saat bekerja tapi ternyata hidup lebih mudah kalau kita jago aljabar atau anak-anak lainnya. Rumus aljabar ini saya pakai dalam kehidupan sehari-hari lho. Misalnya begini, saya kan ikut Bantu Ibu jualan bakso. Nah aljabar ini saya gunakan untuk bantu Ibu menghitung keuntungan satu mangkoknya. Contohnya begini:

Setiap hari, misalnya, saya beli satu kilo daging sapi Rp100 ribu. Dengan 1 kilo daging sapi bisa dibuat sampai 10 mangkok bakso. Terus saya mau dapat untung tiap mangkuknya Rp5 ribu. Berapa dong harga jualnya kalau begitu?. Caranya bisa pakai rumus aljabar:

x=(100.000/10)+5.000
x=10.000+5.000
x=15.000

Jadi harga yang harus dijual agar mendapatkan untung Rp5000 per mangkok adalah Rp15 ribu. Mudah sekali kan Ribka?. Terus kegunaan lain dari aljabar bisa menghitung berapa besar uang yang harus kita belanjakan dari uang saku bulanan kalau mau menabung Rp5 ribu setiap harinya misalnya. Terus bisa juga digunakan untuk menghitung pengeluaran rumah tangga.

Terus ada kan anak lain seperti persamaan garis sumbu x dan sumbu y. Nah Ribka pernah kan menemui kertas nota yang keluar dari mesin nota belanja di minimarket dan ATM. Nah program yang digunakan untuk menjalankan mesin tersebut menggunakan persamaan garis dan bisa diprogram menggunakan turbo pascal.

Banyak lho orang yang bekerja membikin program itu yang dasarnya adalah hehehe.. semoga bermanfaat ya Ribka. Kita tidak harus menyukai tapi paling tidak jangan takut dan jangan lari. Salam sayang ya..

Belinda D.L
Guru di Banjarbaru



Genre:

Tema: