Kenikmatan Musim Kawin, Durian, dan Musim Ujian di Indonesia

Ilustrasi Desa (Dapur Desain)
Ilustrasi Desa (Dapur Desain)

punya banyak musim. Enggak cuma hujan dan kemarau saja. Banyaknya musim di negeriku ini enggak kalah dengan Amerika atau negara di Eropa. Musim-musim di ini beragam, dari yang paling enak sampai enggak enak.

Pertama yang enak -enak dulu seperti musim kawin. Ini musim yang paling digemari pasangan muda yang sedang kasmaran, ciyee….Tapi musim menyenangkan bagi orang muda ini sangat merepotkan bagi pihak keluarga, terutama orang tua yang kurang mampu.

Saat musim kawin, para orang tua kurang mampu ini tetap dituntut menyelenggarakan pesta pernikahan yang memakan biaya besar. Alasan “malu” membuat mereka mau tidak mau merepotkan diri sendiri dengan menggelar pesta pernikahan bagi anak mereka. Weleh-weleh..

Kedua, musim durian. Ini musim kesukaanku dan pasti banyak orang yang suka durian. Buahnya enak dan bikin nagih. Tapi aku suka musim durian bukan karena buahnya yang enak. Saat musim durian tiba, Ayahku sering datang ke rumahku. Kami nongkrong sama-sama sambil makan durian. Bagi orang lain, mungkin hal itu biasa saja. Tapi bagiku dan Ayah yang terpisah jarak, musim ini berharga banget

Musim ujian sekolah paling melelahkan. Sistem sinetron kejar tayang berlaku bagi para siswa, di mana mereka belajar semalam suntuk untuk satu mata pelajaran tapi sedikit yang nyangkut di otak, hadeeuuh. Tapi ini musim khusus buat pelajar saja. Meski melelahkan tapi pada akhirnya ini adalah musim yang bakal memberi pelajar kenikmatan setelah melaluinya.

Musim paling enggak enak ya musim Pemilu. Di negeriku Raya ini orangnya lucu-lucu pas musim Pemilu. Partainya banyak seperti kacang goreng. Jadi kami bingung mau pilih mana. Terus juga dengan calon-calon yang punya gaya super aneh di gambar dan tulisan. Tapi sebagai warga negara yang baik aku harus menyikapinya dengan bijak. Tak perlu membenci atau memusuhi.

Itu adalah musim-musim yang ada di . Banyak lagi sih musim yang lainnya. Setiap musim yang datang pasti memberi warna dalam kehidupan kita.

Ayanx Jeany
Guru SD Tenera  Utara



Genre:

Tema: