Mencari Sungai Demi Sapi dan Bapak

Dok.Istimewa

Kami sekeluarga baru pindah ke AFD III waktu itu. Saat sampai di sana, saya langsung berkeliling mencari sungai. Saya berjalan terus sampai bertemu sungai. Setelah lama berjalan akhirnya saya menemukan sungai yang di pinggirnya ada tempat untuk bercocok tanam. Saya memang sengaja mencari sungai yang tepinya ada tanah lumayan lebar agar bisa ditanami Kingres (King Grass:) agar Bapak tidak kesulitan memberi makan Sapi ternaknya.

Aku pun langsung pulang memberitahu Bapak bahwa menemukan sungai yang tanahnya bisa ditanami rumput untuk makan sapi. Bapak terharu karena aku tanpa disuruh mencarinya. Memang saya tidak mau melihat Bapak susah mencari makan buat sapi.  Sapinya juga pasti kasihan kalau tidak ada rumput yang dimakan.

Selanjutnya saya dan Bapak pergi ke tempat itu dengan membawa parang, cangkul, dan semua alat berkebun. Kami mulai menebas lahan yang masih bongkor itu lalu mencangkul. Tik..tik..tik..kami keringatan.

Setelah mencangkul kami menanam rumput Kingres untuk makanan sapi. Kami juga menanam sayur-sayuran seperti bayam dan katu. Pohon rambutan dan pisang juga kami tanam. Sesudah satu bulan tanaman itu pun tumbuh dengan subur. Rumput Kingres bisa diambil setiap hari untuk makan sapi. Setiap hari saya mengambil Kingres yang sudah dicabut Bapak lalu memakani sapi kami. Itulah kegiatan sehari-hari saya di lingkungan rumah.

Aji Pangestu
Kelas VI SD Tenera



Genre:

Tema: