Mereka Memanggilku Semprul

Dok.Istimewa

Muhammad Amrullah nama asliku. Bagus sekali Orang Tuaku memberi nama itu. Tapi orang-orang memanggilku Semprul. Aku senang dengan panggilan itu karena arti dari Semprul adalah Selvi dan Amrul. Keren banget menurutku.

Namaku sekarang Semprul, asal Purwokerto. Aku dibawa Orang Tuaku transimgrasi ke lalu terdamparlah aku di perkebunan sawit ini, yang memberikanku dan keluarga kehidupan layak. Bapak bekerja sebagai pemanen sedangkan Ibu kerja sebagai perawatan di lahan. Aku sendiri sekolah di Tenera, tempat di mana beragam sukum agama, bahasa, dan adat istiadatnya berbeda tapi bisa saling menghormati dan menghargai.

Namaku Semprul dan aku sering diejek sama teman-temanku. Mereka mengejek logat bahasaku yang total ngapak,. Bahkan guruku pun selalu tertawa saat aku lagi bicara di depan kelas. Aku tidak marah dengan ejekan itu karena itulah ciri khasku dengan bahasa ngapak. Tapi Aku tidak secerdas teman-temanku, jarang dapat nilai 100. Tapi aku tidak patah semangat. Aku yakin Tuhan akan memberikan sedikit kecerdasan hingga nantinya bisa menamatkan SMP dan melanjutkan sekolah SMK sesuai cita-citaku.

Aku pernah lupa mengerjakan PR. Masalahnya sih sepele, Aku ketiduran di lahan saat sedang mencari rumput untuk Sapiku. Pas bangun sudah jam enam sore. Mungkin Aku terlalu lelah belajar di sekolah dan lelah di perjalanan pulang menuju Afdeling tempat tinggalku sehingga ketiduran di lahan. Aku dihukum mengerjakan tugas itu menjadi 10 kali lipat. Aku harus merelakan jari menari di buku. Bayangkan ini tangan sampai kapalan. Guru yang sadis tapi aku yakin itu demi kebaikanku sendiri.

Kelasku ini diisi anak-anak yang super bandel. Semua guru tak pernah berhenti memotivasi kami menjadi lebih baik lagi. Tapi terkadang aku kasihan dengan guruku karena menghadapi sebagian teman laki-laki yang bandel dan sebagian teman perempuan yang seperti selebriti. Pokoknya kelasku ini sempurna. Sempurna bandelnya. Aku mau minta maaf sama para guru yang sering kami buat marah. Aku berjanji akan membuktikan pada para guru bahwa bisa melewati rintangan hidup dan meraih mimpi yang selama ini aku inginkan.

Muhammad Amrullah
SMP Tenera



Genre:

Tema: