Naik Bus Sendirian ke Pulau Jawa

Ananda

Dok.st.hzcdn.com

Pengalaman terbaik saya selama tahun 2018 adalah pergi ke rumah keluarga di Pulau Jawa sendirian. Keluargaku tinggal di Kota Madiun, Jawa Timur. Orang tua tidak ikut menamani. Teman saya selama di perjalanan hanya tas besar berisi pakaian dan titipan dari orang tua saya untuk keluarga, dan makanan. Saya naik bus dari Bengkulu ke Jawa selama tiga hari satu malam.

Di perjalanan saya sangat ketakutan karena tidak mengenal orang-orang dalam bus sama sekali. Mau kenalan juga takut, iya takut dihipnotis terus tas dan titipan orang tuaku dibawa pergi. Saat bus berhenti di restoran untuk makan, saya tidak ikut turun. Saya makan bekal yang dibawakan Mamak saja dalam bus. Tapi pas hari kedua bekalnya habis jadi saya ikut turun untuk makan di restoran berikutnya.

Di sana saya mengambil makanan sendiri, tanpa bantuan orang lain. Sebelum makan saya lihat dulu orang-orang, apakah mereka akan sakit perut makan di restoran yang tidak dikenal. Sepuluh menit, limabelas menit, ah aman pikir saya. Tidak ada yang sakit perut jadi saya ikut makan. Ternyata rasanya enak sekali.

Akhirnya saya sampai juga di Madiun. Di terminal keluarga saya sudah menjemput. Perjalanan panjang yang menambah pengalaman. Mungkin orang tua saya sengaja menyuruh ke Jawa sendirian agar saya mandiri. Terima kasih ya Mamak.

Beberapa hari di Madiun saya jalan-jalan sama keluarga saya, ke alun-alun, beli buah, dan lain-lain. Saya sangat senang pergi ke Jawa. Saya pulang ke Bengkulu tidak naik bus lagi. Saya naik pesawat dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta ke Bengkulu. Liburan yang menyenangkan.