Diajari Laptopan Sama Anak Batita

Edi Susanto

Dok.pxhere

Anakku bernama Zia Nur Walidyni. Lahir di Kota Bani 26 Desember 2017, di Puskesmas Seblat. Sembilan hari setelah lahir giginya tumbuh dua di bagian bawah dan kejadian ini sangat langka. Pada suatu hari dia sangat memperhatikanku yang sedang mengoperasikan laptop di meja. Dia perhatikan bagaimana diriku laptopan, dari mengetik sampai browsing internet. Tampaknya dia sangat tertarik karena nyaris saat aku laptopan pandangannya tak lepas dariku.

Sekitar bulan April, anakku menangis sambil menunjuk laptop di atas meja kecilku. Aku segera memberikan laptop dalam keadaan mati agar dia tidak menangis lagi. Mungkin Zia mau lihat dari dekat dan pencet-pencet pikirku. Tapi aku terkejut bukan main saat dia pencet tombol power laptop. Sedetik kemudian laptop menyala dan menampilkan sistem operasi windows. Ekspresi anakku tambah ceria. Dia senyum-senyum kecil.

Setelah nyala, Zia mengetik sembarang tombol. Tak disangka dia pencet tombol F2 yang ada simbol matahari yang artinya layar redup. Lalu dia tekan lagi tombol F3 yang bersimbol sama terus layar bertambah terang.

Aku terkejut. Bertahun-tahun aku punya laptop baru tahu fungsi dua tombol itu dari Zia seolah dia sedang mengajariku. Setelah itu aku matikan laptopnya kemudian memerhatikannya. Zia menekan tombol power lalu laptop hidup tapi tak lama dia matikan lagi. Setelah itu dia tepuk tangan sambil tertawa.

Edi Susanto
Guru SMA Tenera



Genre:

Tema: