Sekolah Online di Gerobak Sapi

Sari RomauliS

Dok.Static.Pulsk

Pembatasan sosial berdampak pada kebijakan pemerintah daerah yang meliburkan sekolah. Para siswa diminta belajar di rumah sampai wabah Covid-19 berlalu. Muridku di kelas IV B merupakan siswa yang aktif dan selalu berusaha mengerjakan tugas dari bapak dan ibu gurunya dengan semangat dan tepat waktu. Salah satu sebabnya partisipasi orang tua mereka.

Contohnya siswaku yang bernama Revan. Dia berdarah campuran Papua-Batak. Orang tua Revan sangat peduli dengan pendidikan anak-anaknya. Selama siswa belajar di rumah, Revan dan adiknya yang bernama Lina selalu dibawa saat mereka bekerja di kebun.

Revan dan adiknya mengerjakan tugas yang dikirim melalui WhatsApp grup di area kebun. Di bawah pohon sawit, di tengah brondolan, dan terkadang di gerobak sapi tak masalah buat mereka. Saat dilihat dari foto yang dikirimkan orang tuanya lingkungan tempat Revan mengerjakan tugas benar-benar sejuk dan terhindar dari keramaian.

Ada foto saat Revan mengerjakan tugas di gerobak sapi dengan wajah ceria. Di foto-foto lainnya tidak terlihat wajah yang merengut atau pun terpaksa mengerjakan ditambah lagi kepedulian orang tua yang sangat baik dengan urusan pendidikan.



Genre: Nonfiksi

Tema: sekolah