Akal Bulus Mama Agar Dapat Uang Jajan

Dok.Selipan

Nama Mamaku Hanna Sitorus. Dia lahir di Balimbingan 13 April 1969. Mamaku anak ke-8 dari 10 bersaudara. Dia punya tujuh kakak dan dua adik. Semuanya hidup akur dan damai dalam keluarga sederhana. Waktu sekolah Mamaku ini terkenal banyak akal dan pandai. Akalnya itu yang bikin Mama selalu punya uang jajan lalu bisa beli makanan enak di kantin sekolah.

Kecerdikan Mamaku itu sudah terlihat sejak dia sekolah di SD 04 Balimbingan. Sejak kelas satu SD, Mamaku sudah mandiri karena sudah ditinggal dua orang tuanya. Mama tidak pernah diberi uang jajan sama Paman atau Kakaknya. Saat istirahat Mama jadi penunggu kelas ketika teman-temannya berlarian ke kantin. Tapi saat Mamaku ingin jajan, dia memanfaatkan kecerdikannya. Dia mengajari temannya di kelas belajar membaca dan menjawab soal-soal. Sebagai gantinya temannya itu harus mmentraktirnya makan di kantin. Setelah pulang sekolah Mama juga membantu bibi tetangga jualan keripik singkong agar mendapat uang.

Ketika SMP Mamaku ikut Pamannya yang seorang polisi di Narumonda. Tinggalnya di asrama polisi yang berjarak sangat jauh dengan sekolahnya. Tiap hari Mama harus jalan kaki ke sekolah. Kalau malas jalan, Mamaku mencegat motor atau mobil orang di tengah jalan dan minta diantarkan ke sekolahnya. Syukur mereka mau mengantar Mama sampai SMP-nya.

Saat SMP Mama termasuk murid yang biasa-biasa saja. Tidak pandai tapi juga tidak bodoh. Mama juga memanfaatkan akalnya untuk mendapatkan uang saat SMP. Menjelang ulangan Mama belajar gila-gilaan sampai menguasai mata pelajaran. Jika ada teman yang tidak tahu jawaban soal saat ulangan, Mama akan memberi contekan asal temannya memberi uang. Dari sanalah sumber uang jajan Mama semasa SMP.

Mama juga termasuk anak nakal saat SMP. Saat istirahat Mamaku dan teman-temannya suka meminjam sepeda orang lain yang terparkir untuk ke kebun buah orang lain. Mereka mencuri buah di kebun orang dan pernah juga lho sampai dikejar pemiliknya (jangan ditiru ya teman-teman). Kenakalan lainnya baju sekolah Mama dikeluarkan, seperti preman hahaha. Tapi itu hanya kenakalan saat remaja saja lho. Sekarang Mamaku adalah orang yang luar biasa. Dia mengajari kami berprilaku baik. Aku bangga menjadi anak seorang Mama yang hebat.

Angel Aprilia N
SMA Tenera



Genre:

Tema: