Catatan Saskia: Sejarah yang Sedikit Orang Tahu

Catatan Saskia

Ada 20 yang ditulis tangan oleh Saskia Gita, pelajar kelas VIII B SMP Tenera Utara. Itulah pilihan kisah yang mampu memotivasi dirinya untuk lebih baik lagi. Dari 20 kisah, ada tiga cerita yang menjadi favoritnya. Tiga ini banyak yang belum mengetahuinya, padahal orang-orang sering melihatnya.

Layang-Layang

Sejarah layang-layang dimulai sejak 1000 tahun sebelum masehi di Cina. Layang-layang awalnya dibuat untuk mengirim kode dari Jenderal ke pasukan lawan agar musuhnya takut. Tapi, di Jepang layang-layang tidak digunakan saat perang. Benda ini digunakan sebagai simbol agama. Baru setelah abad ke-12, layang-layang menjadi mainan anak.

Awal Mula Keripik Kentang Jadi Camilan

Tahun 1853, Corellius van Debh, seorang tamu restoran memprotes keras usaha Koki yang bermana George Crum. Menurut Corellius, gorengan kentang yang disajikan George terlalu tipis untuk ditusuk garpu. Sang Koki menerima kritik itu lalu mengembangkan makanan kentangnya setelah melalui banyak uji coba. Upayanya berhasil dan kentang yang biasanya jadi makanan pokok di tangan George Cum menjadi camilan yang cukup disukai mereka yang makan di kedainya. Lalu ia menamai makanan itu dengan Saratoga Chips.

Penemu Cat Putih Cepat Beku

Bette Graham awalnya hanya seorang sekretaris biasa. Tahun 1951, ia bekerja sebagai sekretaris eksekutif di sebuah perusahaan. Tugasnya mengetik berbagai dokumen penting. Kalau ada kesalahan, ia harus mengetik ulang dokumen itu sampai benar-benar bersih. Hal itu membuatnya capek.

Karena tidak ingin membuang waktu dan tenaga andai melakukan kesalahan, Bette punya ide membuat cat putih cepat beku. Ia pun melakukan eksperimen berhari-hari dan berhasil. Dengan kuas kecil yang dibawanya dari rumah, ia menyapukan cat buatannya itu ke tulisan yang salah ketik. Saat berhasil, ia menamai karyanya itu dengan “Mistake Out”. Lama-lama usahanya berkembang dan pada 1972 ia sudah memproduksi sekitar 50 juta botol Mistake Out ke seluruh dunia.



Genre:

Tema: