Horeee.. Warga Tenera yang Kelilipan Berkurang

Dok.Panna.org

Namaku Sendu Paseni. Saat ini aku duduk di kelas XI IPS di SMA Tenera PT. Agrinical Utara. Di sekitar PT Agrinical ini penduduknya banyak dan rumahnya terdiri dari banyak komplek. Ada AFD, PKS I, PKS II, dan Perumahan Staff. Orang yang tinggal di perumahan ramah-ramah. Mereka suka merawat lingkungan sekitar.

Tapi ada dua masalah yang sering menimpa mereka, termasuk aku sendiri. Yang pertama, di sekitar komplek banyak binatang keliaran seperti ayam dan sapi. Kadang mereka menghancurkan tanaman warga tanpa rasa bersalah sama sekali. Terus masalah kedua, warga di sini sering kelilipan debu atau asap pabrik. Maklum lah, kan ada pabrik besar di sekitar perumahan warga yang asapnya menggumpal. Warga juga sering kelilipan debu dari truk yang bolak-balik di jalan perumahan.

Kasihan para warga yang naik motor ketika keluar perumahan. Mereka kadang menutupi wajahnya agar tidak terkena debu dari truk dan asap pabrik. Persis seperti ninja, cuma mata saja yang kelihatan saat mereka naik motor. Sebagian warga yang sering bakar sampah daripada menimbun juga menyusahkan. Asapnya bikin mata pedih.

Tanggal 22 April 2017 kemarin kami di Tenera merayakan peringatan Hari Bumi. Merayakannya bukan seperti pesta ulang tahun. Para penitia membagikan pohon ke warga. Pohon itu digunakan untuk mengganti pohon lama di perumahan yang nanti bisa mengurangi polusi udara. Selain membagi pohon, warga juga dianjurkan untuk memilah sampah, mana organik mana non organiknya. Sampah yang non organik bisa didaur ulang untuk membuat karya seni.

Di juga diadakan sarasehan agar para siswa bisa mencintai lingkungan dan menjaganya. Aku dan teman-teman membawa satu pohon dari sarasehan lalu wajib merawat dan menjaganya sampai besar. Beberapa bulan setelah perayaan Hari Bumi, lingkungan di sini sudah lebih baik. Warga sudah jarang kelilipan lagi.

Sendu Paseni

SMA TENERA



Genre:

Tema: