Kalau Lingkungan Bersih, Kita Tidak Butuh Dukun

Sampah
Dok Natakatato

Sudah banyak perubahan di desaku. Lingkungannya tidak memang seperti dulu, tapi orang-orangnya tetap sama. Orang-orang Kampungku di sangat suka kebersihan. Meski pohonnya sudah tidak sebanyak dulu dan banyak bangunan baru, orang-orang kampungku rutin gotong royong membersihkan setiap sudut kampung.

Setiap minggu mereka membersihkan jalan dan tempat-tempat yang dijadikan orang pembuangan , termasuk di parit. Kalau ada yang bangun atau renovasi rumah, orang-orang kampung ikut sibuk. Mereka membantu tanpa diminta. Dari anak kecil, remaja, dan orang tua ikut gotong kayu, bikin bata, dan lain-lain. Ada juga yang menyiapkan makananuntuk mereka yang membantu bersih-bersih dan renovasi rumah.

Seperti yang aku bilang tadi, orang-orang di kampungku masih sama seperti puluhan tahun lalu, selain suka gotong royong mereka masih percaya dukun (orang pintar). Setiap kali sakit, banyak yang ke dukun berobat. Kalau tidak mempan alias dukunnya kesaktiannya berkurang, baru ke dokter. Kalau sudah ke dokter wah biayanya banyak bagi orang kampung seperti kami.

Aku punya cita-cita orang-orang tidak lagi menggantungkan kesehatannya sama . Cita-cita itu muncul saat aku masih SD. Tapi karena dulu aku masih kecil, aku tidak bisa berbuat apa-apa. Sekarang aku sudah SMA dan baru bisa mewujudkan cita-citaku. Setiap hari aku bersih-bersih kampung. Kalau ada berserakan, aku selalu pungut. Parit penuh plastik makanan anak-anak, aku ambil lalu aku buang ke tempat .

Aku bukan anak kecil lagi. Sekarang aku sudah SMA dan sadar akan kebersihan lingkungan. Soalnya aku percaya, satu-satunya yang akan membuat orang-orang kampungku sehat adalah lingkungannya yang bersih. Kalau lingkunganku bersih, pasti orang-orang kampung tidak akan ke dukun lagi. Kalau lingkunganku bersih dan nyaman, pasti tidak perlu ke dokter dan menghabiskan banyak biaya. Uangnya bisa dialihkan buat renovasi rumah atau bayar sekolah. Biar penyakit di kampungku sisa masuk angin lalu tinggal dikerok. Hehehe

King Doli
SMA Tenera



Genre:

Tema: