Mamaku Diejek “Batak..Batak..Makan Orang”

Guru
Dok.SMP 1 Tembilahan

Nama Mamaku Juni Anita Purba. Mama lahir di Curup 22 Juni 1983. Mama masuk sekolah tahun 1989 di SDN 17 Dwi Tunggal. Sebenarnya agak berat Mama sekolah di sana karena kakak-kakaknya di Xevarius. Mamaku sekolah jalan kaki beda sama Kakaknya yang naik becak. Wajar sih Mama jalan kaki soalnya jarak sekolah ke rumah hanya 150 meter.

Di sekolahnya hanya Mamaku yang orang Batak. Gara-gara itu Mama sering diejek teman-temannya. “orang Batak…orang Batak…makan orang”, ejek teman-teman Mama. Karena diejek begitu terus Mama sering menangis lalu melapor ke gurunya. Tidak hanya ke guru, Mama juga mengadu ke Opungku. Kata Opungku, orang Batak makan orang itu ada di Desa Singgalan Pulau Samosir di dekat Danau Toba. Sekarang sudah enggak ada lagi.

Setelah dinasihati Opungku, Mama jadi giat belajar. Tapi bukan hanya gara-gara itu juga sih. Kalau Mama mau belajar dan mendapatkan ranking, Opungku akan membawanya ke Desa Singgalan, situs orang Batak makan orang. Orang jahat akan dihukum di sana. Teman Mama yang namanya Teresia Amanda juga diejek. Teresia ini anak juragan kaya. Tidak hanya kaya sih, Teresia ini cantik, pintar, dan tidak pilih-pilih teman. Dia juga mendapat ejekan karena memiliki nama yang persis seperti agama Kristen.

Waktu lulus SD Mama menyanyi “I Miss You Like Crazy” dari Backstreet Boys saking senangnya. Ketekunan Mama belajar juga terbayar dengan terpilih masuk ke SMP favorit. Mama melanjutkan sekolahnya dan sering sekali mendapat nilai yang bagus di Matematika. Mama juga sering mendapat ranking bagus juga. Dia ingat sama guru-gurunya.

Di SD ada Bu Ot dan guru paling pintar sampai sekolah di Singapura. Mama juga ingat sama guru yang pintar bernyanyi dan mencari not lagu. Mamaku diajari menyanyi sampai mendapatkan juara satu di Provinsi. Sampai sekarang Mama masih ingat nada dan not “Mengheningkan Cipta”. Aku saja enggak ingat.

Tamatlah sekolah SMA dan Mamaku melanjutkan kuliah di Universitas . Mamaku ikut jurusan S.Pd. Saat wisuda Mamaku mendapatkan nilai A setelah itu Mama ikut tes kedokteran dan lulus. Tapi Orang Tua Mamaku kerja swasta dan tidak cukup uangnya untuk membayar kedokteran. Mamaku pun menurutinya.

Dari cerita Mama, jangankan kamu menyiakan masa sekolahmu. Orang Tua Mama pernah memberikan nasihat dan jangan pernah dilanggar. Tiap nasihat itu bermakna dan harus memiliki sastra. Orang Tua Mamaku juga pernah memberikan nasihat sastra, salah satunya: “Jadilah matahari yang bersinar. Jangan biarkan kabut hitam menutupi sinarmu”. Artinya adalah jadilah orang baik yang jauh dari iri hati. Jangan biarkan orang jahat merasuki tubuhmu.

Princess Rachelia Simanjuntak
SD Tenera



Genre:

Tema: