Medium Belajar Anak Bisa Pakai Bahan Apa Saja

Tity Sari Handayani (Foto: Facebook Tity Sari Handayani)

Banyak cara belajar sekaligus bermain bersama . Mediumnya pun mulai beragam. Seperti yang dilakukan Tity Sari Handayani yang membuat berbahan kain agar aman dan mempercepat rangsang . Tity juga sering berbagi banyak trik pendidikan dengan cara yang menyenangkan di instagram pribadinya, @titysarihandayani.

Trik dan nya itu membuat Nyalanya ingin sekali ngobrol singkat dengan ibu satu ini. Akhirnya keinginan Nyalanya terpenuhi Jumat (8/1) kemarin, lewat WhatsApp karena pandemi belum memungkinkan untuk bertatap muka.

Nyalanya
Halo Mbak, terima kasih sudah mau ngobtol sama Nyalanya. Mbak sudah sering nih membuat konten tentang pendidikan di Instagram, kalau enggak salah pakai hashtag #kegiatanyeka. Terus sekarang bikin untuk berbahan kain, “Busy Book”. Kenapa sih Mbak harus pakai kain?

Tity Sari Handayani
Setiap hari saya sering mengunggah kegiatan-kegiatan bermain dan belajar saya usia 27 bulan, bisa dicek di Instagram dengan tagar #kegiatanyeka. Di sana saya unggah kegiatan bermain dan belajar yang dibuat dari media sederhana memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah. Tapi biasanya hanya sekali main kemudian rusak.

Nah ini alasan kenapa saya akhirnya bentuk melalui , biar awet dan bahan yang digunakan aman utk dimainkan - balita, pakai kain flanel dan pendukung lainnya.

Nyalanya
Apa yang memicu untuk membuatnya dalam jumlah banyak?

Tity Sari Handayani
Karena sering mengunggah kegiatan menggunakan bahan-bahan seadanya di rumah saja. Kemudian ada seorang teman menanyakan ‘eh bisa enggak kalau kegiatan itu dikemas menjadi ?’ Lalu saya iyakan dan setelah jadi saya posting lagi. Mulai dari situ banyak order masuk.

Nyalanya
Eh ngomong-ngomong isinya apa saja sih Mbak?

Tity
Buku ini terdiri dari banyak aktivitas dan tujuannya memang untuk melatih berbagai indera . Seperti indera penglihatan, peraba. Selain itu juga melatih otot jari dan konsentrasi.

Beberapa isinya antara lain menyamakan warna, belajar huruf alfabet dan hijaiyah, belajar mengikat tali sepatu, belajar membuka dan menutup resleting, belajar membuka dan menutup kancing dan puzzle. Yang disasar usia balita. Dengan tampilan yang menarik harapannya bisa senang dan menikmati.

Nyalanya
Jadi belajar bagi itu harus semenyenangkan mungkin?

Tity
Iya, mengajak mereka bahwa belajar itu lebih menyenangkan dengan medium yang aktif. Prosesnya sendiri juga harus menyenangkan.

Nyalanya
Proses pembuatan ini semenyenangkan apa Mbak?

Tity
Menyenangkan sekali Nyalanya. Soalnya saya seneng banget utak-utik nyenuk gitu. Kalau hambatan utama paling waktu karena dibagi dengan momong .

Nyalanya
Apakah ini juga salah satu upaya menjauhkan yang belum siap dari gadget?

Tity
Terus terang saya agak kesulitan menjauhkan dari gadget karena lingkungan juga berpengaruh besar. Awalnya saya benar-benar melarang untuk tidak lihat HP. Tapi akhirnya mencari pelarian ke om dan tantenya dan akhirnya nonton juga. Akhirnya saya siasati dengan sering memberikan kegiatan yang menarik paling tidak dalam 24 jam tidak full liat HP. Untuk memperkenalkannya pelan-pelan, paling dalam sehari 2-3 jam menemani nonton HP.



Genre:

Tema: